Minggu, 13 September 2009

HIKMAH DAN SHALAWAT/Haddad Alwi





Hikmah dan Shalawat adalah acara khas Haddad Alwi berdurasi kira-kira 1 jam atau lebih, yang merupakan perpaduan antara butir-butir hikmah dan lantunan lagu-lagu shalawat. Konsep acara seperti ini sudah diperkenalkan hampir diseluruh daerah di indonesia sejak 2005. Tempatnya boleh dilapangan terbuka, gedung pertunjukan, masjid atau bahkan di ruang-ruang perkantoran sekalipun.


Hikmah dan Shalawat dimaksudkan untuk mengubah tampilan Haddad Alwi dari sekadar lantunan tembang-tembang shalawat menjadi suguhan yang mengandung pengajaran. Dalam Hikmah dan Shalawat Haddad Alwi berupaya menanamkan nilai-nilai keislaman dalam bentuk penghayatan, pemahaman, dan semangat meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW.


Di hadapan ribuan atau bahkan puluhan ribu massa yang menyaksikan penampilannya dalam Hikmah dan Shalawat, Haddad Alwi biasanya memilih beberapa lagu tertentu dari album-albumnya yang sudah akrab ditelinga hadirin dan mengajak mereka untuk ikut menyanyikannya. Di sela-sela itu, Haddad Alwi selalu menyampaikan tausyiah yang intinya mengajak masyarakat Muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah serta mencintai dan meneladani hidup dan akhlak Rasulullah SAW. Metode seperti ini ternyata tidak menjemukan dan lebih memberikan sentuhan batin.


Dalam Hikmah dan Shalawat Haddad Alwi tak mau jauh dari penonton; beliau melakukan interaksi dengan seluruh hadirin dalam suasana yang "renyah" dan penuh keakraban-sedemikian sampai-sampai tak jarang beliau turun dari panggung dan membaur dengan ribuan jamaah yang hadir. Dalam Hikmah dan Shalawat Haddad Alwi memang terkadang melontarkan sedikit candanya, tapi lebih banyak menyentuh rasa dan membangkitkan emosi kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Hikmah dan Shalawat di akhiri dengan I'tirof (pengakuan), dan doa bersama. Hadirin akan hanyut dalam kekhusyukan,kedamaian, dan cinta.


Sumber: www.haddad-alwi.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar